Resep Mudah Cara Membuat Alkohol dari Tape Ketan

Alkohol adalah minuman yang sering kali dikonsumsi sebagai hiburan ataupun untuk merayakan sebuah acara. Namun, jika Anda tertarik untuk mencoba membuat alkohol sendiri di rumah, ada cara yang mudah untuk membuatnya menggunakan bahan dasar tape ketan.

Tape ketan adalah salah satu jenis makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari beras ketan yang sudah difermentasi. Fermentasi inilah yang akan mengubah tape ketan menjadi alkohol. Berikut ini adalah resep mudah dan sederhana untuk membuat alkohol dari tape ketan:

Bahan-bahan:
1. Tape ketan secukupnya
2. Air mineral secukupnya

Cara membuat:
1. Siapkan tape ketan yang telah matang dan siap untuk difermentasi.
2. Masukkan tape ketan ke dalam sebuah wadah yang bersih dan kering.
3. Tambahkan air mineral secukupnya ke dalam wadah tersebut, cukup untuk merendam tape ketan.
4. Tutup wadah dengan kain bersih atau dengan tutup rapat untuk mencegah debu atau kotoran masuk ke dalamnya.
5. Biarkan tape ketan tersebut difermentasi selama minimal 1 minggu hingga 1 bulan. Semakin lama proses fermentasi, kadar alkohol yang dihasilkan juga akan semakin tinggi.
6. Setelah proses fermentasi selesai, saring larutan cair dari tape ketan tersebut menggunakan kain bersih atau penyaringan lainnya.
7. Hasil saringan tersebut adalah alkohol yang bisa langsung Anda konsumsi atau simpan di dalam botol tertutup untuk dikonsumsi di lain waktu.

Demikianlah resep mudah cara membuat alkohol dari tape ketan. Pastikan untuk selalu mengonsumsi alkohol dengan bijak dan tidak melebihi batas konsumsi yang aman. Selamat mencoba!